Tuesday, December 9, 2014

Jalur Gowes di Karawang (XC)

Sebagaimana posting sebelumnya saya adalah goweser pemula/newbie. Membeli sepedapun belum lama (baca : kisah beli sepeda disini).
Sepeda sudah punya maka step selanjutnya adalah mencari teman gowes yang lebih senior dikarawang, ingatlah saya kepada ex-teman satu kerja yang pernah update status terkait gowes di FB, pak RKMT inisial namanya dan tinggal di perumahan gading elok 1 johar yang letak disepanjang jalur irigasi karawang.
Singkat kata singkat cerita saya yang tinggal masih didaerah aliran irigasi (Kondang Jaya atau CKM) janjian untuk gowes rutin setiap hari ahad.

Sesuai jalur yang tujuan maka saya adalah pihak yang menyusul kerumah pak RKMT jam 06 pagi saya start dari rumah dengan jalur menyusuri irigasi menuju johar. Pemandangan irigasi yang diselimuti kabut kadang masih saya lihat.
Sesampai depan gerbang perum gading elok pak RKMT sudah menunggu, kita lanjut gowes ke arah KIIC (kawasan industri karawang barat) dengan menyusuri jalur TUPAREV-GALUH MAS-PERUMNAS-KIIC (NOBIN)
gambaran jalur menuju KIIC
Bagi yang suka jalur XC (cross country) pastinya tidak asing dengan daerah XC para goweser karawang ini.
Jalur yang cukup berat dimulai dari gerbang menuju perbukitan dan hutan KIIC ini. Kami melewati gerbang pemakaman modern SAN DIEGO HILLS


KIIC memang kawasan industri tapi untuk gowes XC favorit kami harus lewat jalur "akhirat" dulu yaitu setelah San diego kita masih harus melewati pemakaman Taman Kenangan Lestari yang harus dilalui dengan jalanan menanjak yang sangat lumayan untuk pemula

Jalur ini adalah menuju warung SOP TENGKORAK atau NOBIN sebagai check point utama para goweser XC karawang dan sepanjang jalur ini maka sisi kanan kita melihat pemakaman modern sedangkan sisi kiri adalah gedung-gedung pabrik di kawasan KIIC.
Setelah gowes sejauh +/- 20 km sampailah di warung nobin untuk parkir, seruput teh manis dan sekedang "ngemil" lontong dan gorengan atau bahkan bisa transaksi jual beli spare part baru atau seken (lumayan).
Gorengan ONCOMnya enak loh dan SOP nya juga katanya (kalau SOP belum pernah coba saya)


Di tempat inilah kami bisa membuat kelompok lebih besar lagi untuk ke trek selanjutnya yang berupa perbukitan dan hutan. Kami sering ketemu sama pak YS, pak RY, pak RF dkk lainnya



dijalur setelah warung Nobin inilah jalur yang lebih menantang dalam hal tanjangan dan turunannya bahkan bila saat malam sebelum gowes turun hujan sangat mungkin kami harus angkat sepeda dan membersihkan sepeda dari tanah-tanah yang lengket diroda sampai tidak bisa rotasi.

Saat dipuncak perbukitan ini kami bisa memilih jalur turunnya, jalur dekat (Maligi) jalur menengah (Ajinomoto) atau jalur lebih menantang (Pesantren) dll.
Kalau sudah turun maka tahapan selanjutnya adalah pulang dengan jalur berbeda dengan saat berangkat yaitu kawasan KIIC-Cidomba-Jembatan gantung Teluk Jambe-Pindodeli-Johar-Kondang jaya yang jarak PP kurang lebih 55-65 km deh...
segitu dulu para goweser yang terhormat laporan dari saya yang masih pemula...foto yang ada adalah kumpulan jepret setiap kali gowes alias bukan perjalanan satu hari.
Sangat lumayan karena saat pertama kali maka air putih sangat nikmat diminum selama gowes di jalur ini...
Berangkat Jam 06.00 dan sampai rumah jam 11-an siang.

Sekian dulu mohon maaf dan terima kasih

3 comments:

  1. Om, saya boleh gabung komunitas gowesnya ? Hehe :D
    saya pendatang baru karawang domisili bypass, lg cari temen gowes hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang Zulnio...makasih dah mampir...dan maaf telat respon
      Kami belum jadi komunitas....memberpun dikit plus ada yg baru kehilangan sepedanya hahaha...jangan2 bang zulnio lebih banyak teman nih...
      kirim no hp aja ke sini (saya tidak publish kok)...kita bisa janjian di depan ramayana kalau saya gowes ke kawasan KIIC

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete