Thursday, June 25, 2015

BALA-BALA alias Bakwan

Ini juga masih dari tulisan resep teman saya yang sekarang merantau ke negera Oman karena ikut suami... Ibu satu ini beberapa bulan lalu gemar menulis dan uji coba tentang resep masakan sebagai kegiatan sehari-hari di negeri seberang sana... 
Bagi yang mau mencoba resep atau trik ibu dari 2 anak ini silahkan....


Resep bala-bala ini sepertinya masing-masing rumah sudah punya dan sudah enak-enak pula.
Jadi sy sekarang mau cerita ttg tips dan trik agar bala-bala renyah dan garing tahan lama. Krn sy suka model bala-bala kriuk2 tapi banyak sayurnya

BUMBU

standar: bawang putih, bawang merah, bawang daun, seledri, garam, merica, ebi halus bila suka.

SAYURAN



bebasss
Tapi sy suka wortel, kol, tauge, dan seledri serta bawang daun yg banyak . Bumbu sekaligus sayur.
Hijau lainnya bebas, kdg sy pakai daun kangkung, atau sawi hijau, bayam, dll
Intinya sy suka kalau warna sayurannya muncul ngejreng dan warna warni . Kdg sy pakai cabai merah besar biar ada centil warna merah jg,, hihi,,,

TEPUNG

Naaaah ini dia penentu gorengan itu akan kriuknya kriuk bgt dan tahan lama.
Tepung utama adalah terigu. Pakai yg protein sedang atau rendah. Jangan yg protein tinggi, krn glutennya akan membuat gorengan jadi alot.
Semakin rendah protein akan semakin garing.

Saya pakai kombinasi tepung ini buat segala macam gorengan, Ikan, Ayam, Jamur, tempe, tahu, pisang dll
Kombinasi tepungnya:
Terigu : Tapioka/sagu : Tepung beras = 4 : 2 : 1
atau buat yg suka agak keras kriuknya = 10 : 4 : 4

Jadi kalau pakai perbandingan pertama misal
terigu 10sdm : tapioka 5sdm : tp.beras 2.5sdm

lalu beri sedikit baking soda (optional). misal seujung sendok teh buat adonan sekitar 20 bala-bala .
Tepung terigu yg dipakai, makin rendah

TEKNIK

1. Jangan pakai telur. Telur membuat gorengan kriuk di awal, tp tak lama kemudian akan lembek.

2. Buat sayur rajang dan adonan tepung secara terpisah.

3. semua tepung dicampur dengan bumbu halus: garam, merica, ebi kering (bila suka), lalu beri air sampai konsistensi yg tdk terlalu kental namun jangan terlalu encer. Bila terlalu kental maka gorengan sulit tipis dan bagian dalamnya sulit matang. Bila terlalu encer maka akan sulit mengikat sayuran dan bila pun dapat akan menyerap minyak banyak.

4. Jangan mengadon tepung terlalu lama, asal tercampur saja dg baik. Krn bila terlalu lama maka gluten akan keluar dan saling mengikat. Gorengan dapat menjadi alot. Cicip bumbu pada adonan. Bila kurang sesuatu bs ditambahkan.

5. Masukkan sayuran ke dalam adonan termasuk bawang putih iris/halus, bawang merah iris/halus dan bawang daun dan seledri. Lalu aduk sampai terbalut tepung.

6. Masak dengan minyak panas (tp jgn sampai mengepul2 kepanasan). Buat dari tepi wajan agar gorengan agak tipis. Dan jumlah gorengan jgn terlalu banyak per sesi goreng agar suhu minyak tidak drop. Drop tsb yg buat gorengan menyerap minyak byk dan sulit garing dg warna cantik.

7. Balik gorengan bila sudah matang satu sisi. Jadi cukup sekali membalik sj. Hal ini pun utk mencegah minyak terserap banyak ke dalam gorengan.

8. Tiriskan gorengan dengan baik dalam posisi berdiri sehingga minyak turun dg baik dan hawa panas bs keluar dg baik. Sekriuk apapun gorengan, bila ditumpuk dalam keadaan panas akan membuat panas terperangkap dan uap airnya masuk ke dalam gorengan hingga jd lembek.

9. Tata di piring bisa agak ditumpuk bila mmg sudah tidak ada panas, Bila perlu dapat dialasi tissu makanan.

10. Bila merajang buat esok hari, maka tepung tetap diadon fresh esoknya. Bila menyimpan adonan+sayur dalam kulkas kelamaan, maka air dr sayur akan keluar dan gorengan akan benyek.

11. Bila tidak sempat menggoreng semua/

terlanjur kebanyakan, sedangkan semua sudah tercampur, maka goreng saja setengah matang lalu setelah tiris dan dingin dapat disimpan di freezer. Nanti bila mau dimasak dapat di thawing lalu goreng di minyak panas. Atau bila akan dimasak esok saja cukup disimpan di kulkas bawah.

12. Semakin besar perbandingan sayuran terhadap tepung, maka ketahanan kriuk akan semakin pendek. Bala-bala pada gambar sy buat dg perbandingan tepung 10 : 4 : 4 dapat tahan garing hingga kurleb 5-6 jam.
Bila ingin garing lama, maka sayuran jgn terlalu banyak.

13. Rajang sayuran tipis-tipis agar mudah matang.

14. Tiap akan memasukkan adonan utk digoreng, yakinkan minyaknya sudah siap panas lg. Krn setelah 1 sesi selesai maka minyak suhunya relatif turun dan perlu bbrp saat buat panas lagi.

15. Pakai api sedang, minyak yg cukup sehingga gorengan terendam utuh.
Api terlalu besar membuat gorengan gosong tp mentah di dalam. api terlalu kecil akan membuat gorengan lembek dan menyerap minyak banyak.

16. Ada yg pakai tambahan air kapur sirih buat kriuknya juga.. Tp sy belum coba. Konon membuat gorengan tahan kriuk juga. Cocok buat yg usaha gorengan kali yaaa . Drpd pakai plastik... hehe amit2

===================================

Special thanks to Dwi Avanti Indriana, sy dapat rahasia kombinasi tepung kriuknya dr temanku ini... Rahasia kriuk dr tantenya yaa.. hehe moga jd amal jariyah nii ilmunya. Insyaallah

Baiklaah,, buat saran atau masukan lain, Bisa di kolom komentar yaaa

Semoga bermanfaat ^^

No comments:

Post a Comment