Friday, May 29, 2015

TOURING BIKE SMC2 KARAWANG 24 MEI 2015 (GOWES)

Assalamu'alaikum goweser
Mau corat-coret gowes saat ikut SMC2 nih sekarang....mohon maaf kalau ada yang kecatut dan kurang berkenan ya...

Touring Bike SMC2 (Saan Mustopa Center2) 2015 sebenarnya adalah event yang saya nomor duakan setelah GOBAR PUMA (17 Mei 2015).

Walaupun sebenarnya daftar saja dulu gak apa-apa (lah wong free of charge alias gratis), ini semua dikarenakan saya khawatir tidak cukup waktu recovery fisik untuk gowes jarak jauh lagi setelah event PUMA purwakarta padahal banyak yang ikut PUMA juga dah mau ikut SMC ---hehehe alasan goweser pemula...:-)

Event SMC ini sebenarnya lebih "membosankan" dalam hal jenis trek bahkan bisa lebih melelahkan karena hampir mayoritas jalan datar yang mengharuskan gowes secara terus menerus. Bila dibandingkan dengan jalur XC perbukitan KIIC misalnya yang cukup banyak tanjakan dan turunan.
(Ini hanya pendapat pribadi).

Namun karena masih banyak keinginan mencoba jalur baru sebanyak mungkin dan gayungpun bersambut dengan adanya ajakan dari senior gowes Pak Rukmanta dan groupnya sudah daftar tapi membernya ada yang undur diri. Saya cuma diminta bawa fc KTP saja nantinya untuk siap-siap karena gantiin member lain yang berhalangan.

Hari acarapun tiba, pagi-pagi sekali jam 05.30 WIB ku gowes sepeda ke arah KP (Karangpawitan) untuk memenuhi janji kumpul jam 06.00 dengan member yang lain setelah sebelumnya makan satu potong roti tawar plus susu kental manis.

Sudah menjadi setting panitia, maka kami gowes dengan jersey masing-masing saat datang ke RM Sindang Reret (lokasi Start), disana kami harus daftar ulang peserta gowes nanti dari setiap komunitas dan kami diberikan :
  • Jersey SMC2 (secara kualitas pantes banyak yang mau--bagus sih bahannya)
  • BKI (bubur kacang ijo) dalam plastik
  • Teh manis dalam plastik
  • Nomor peserta+ 2 kabel ties (untuk dipasang disepeda)
  • tentunya kupon untuk nanti makan siang di pisangsambo dan doorprice

Saat baru datang
setelah daftar ulang

seperti biasa acara pembukaan dan sambutan kami isi dengan foto-foto---hihihi mungkin kami komunitas paling sedikit kali ya?

4 of 5
member kelima tidak hadir

Sebenarnya start acara ini sepertinya sedikit molor tapi tidak mengurangi semangat para goweser menunggu bendera start dikibarkan (jam 08 -an kayanya)...kami ikutan di kelompok yang pertama start dengan jalur-jalur yang saya ketahui sebagai pendatang dikarawang sbb
"RM sindang reret - fly over pabrik es - Pemda/Kodim - belok ke kepu - terus kearah Rawamerta - keluar jl Ojo city - masuk lagi arah "tanggul" citarum - jalan raya irigasi arah batu jaya dan tirta jaya - Finish SMC "
tolong yang koreksi ya... kurang lebih dari rumah saya mungkin jarak total lebih dari 50 km nih dengan satu tempat check point untuk pemberian stempel diiket/kupon...

Menunggu Start
kapan start nih
masih semangat
dikawal euy

Pak Saan Mustopa sebenarnya start gowes bersama group kedua tapi kami yang group pertama kesusul sama pak Saan di 1/4 jalan... fisik dan Endurance beliau saya akui TOP.
Jumlah Foto selama perjalanan sedikit karena hampir gak ada stopnya gowes...selamat melihat view dari arah belakang pak Rukmanta deh... alhamdulillah ada yang dari web panitia nih

Daerah persawahan
Jembatan ke jl Ojo kayanya
persawahan
pinggir citarum

Akhirnya kami sampai SMC jam 10-an kupon kita dibagi 2 untuk dipegang dan dimasukan box door price dan Nasi kotak yang sepertinya khas SMC (isi ikan bandeng+telor)...lalu kami selonjoran alias istirahat sampai akhirnya menjelang zhuhur acara doorprice dimulai...
karena saya pikir perjalanan pulang masih jauh dengan gowes lagi maka saya dan pak RKMT putuskan untuk pulang setelah sholat zhuhur (gak ngungguin doorprice gpp lah)..

Ini foto by panitia

Garis Finish (SMC pisang sambo)
Lepas sholat zhuhur kami pulang dengan sedikit tertunda karena menunggu sarung kami dipinjam sampai 3 putaran sholat jamaah, ternyata banyak goweser yang tidak bawa sarung sendiri...

Ketika berangkat bersama-sama ribuan Goweser (Panitia bilang 1400-an peserta)...eh pas pulang saya berdua saja euy....ada view bagus seperti lautan (ada pohon kelapa) tapi lautan sawah bukan air :-)

Jam 3 sorean kami sampai didaerah johar-klari... yang ikut acara doorprice sampai selesai dan tidak bawa mobil untuk loading mungkin sampai daerah Johar/klari sekitar maghrib deh.

Jumlah kosumsi air selama SMC2 pp yang kurleb 100 km :
  • 1 botol minum (sepeda) 750 ml
  • 2 botol VIT/Aqua 600 ml
  • 2 gelas air kemasan 240 ml
  • 2 botol Pocari 500 ml
  • 1 gelas es jeruk 500 ml
Terima kasih untuk panitia SMC2 dan tim abdi (pak RT, pak Rukmantan dan pak Agus) udah daftarin saya di event tahunan ini serta yang pasti semua goweser... walau lebih suka XC tapi termasuk top untuk test endurance bagi saya..

silahkan lihat berita terkait Touring Bike SMC 2 berikut (sumber beberapa pic juga)